Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua Ahli Waris Korban Peristiwa Rawagede “Saya Tidak Mau Ada Kebohongan”

Ketua Ahli Waris Korban Peristiwa Rawagede “Saya Tidak Mau Ada Kebohongan”

Karawang | lingkarkonsumen.com-  Peringatan peristiwa pembantaian warga sipil Rawagede yang dilakukan oleh milter Belanda dan terjadi pada 09 Desember 1949 hingga kini peristiwan keji tersebut  kerap diperingati oleh Yayasan Rawagede setiap tahun..
Pada acara peringatan peristiwa Rawagede kali ini, (9 Desember 2017) yang digelar di Monumen Rawagede dan hadiri oleh pejabat teras yang ada di lingkungan Pemerintahan kabupaten Karawang beserta tamu undangan lainnya.  Yayasan Rawagede telah menyalurkan santunan kepada para ahli waris keluarga  korban pembantaian.
Menurut Ketua Ahli Waris Rawagede, Oyok  ada 157 orang ahli waris yang menerima santunana dari Yayasan Rawagede.  Masing-masing mereka menerima uang santunan sebesar Rp. 100 ribu,” Saya tidak mau ada kebohongan, menurut data ahli waris yang ada di kami jumlahnya 181 orang. Tetapi yang menerima santunan sebanyak 151 orang ahli waris,”kata Oyok kepada lingkarkonsumen.com usai acara peringatan di Monumen Rawagede.
Oyok, menerangkan sumber uang santunan kepada ahli waris uang itu berasal dari hasil asset ahli waris berupa lahan pertanian berupa sawah seluas 4 hektar lebih yang tersebar di masing-masing dusun di dua desa, yakni Desa Balongsari, dan Desa Sekarwangi. Lahan pertanian ahli waris  disewakan kepihak ketiga. Dan uang hasil sewa asset  selama satu musim nilainya mencapai 15 juta,” Jadi uang santunan yang diberikan kepada ahli waris itu adalah  uang hasil sewa asset. Tetapi yang mengelola hasil sewa asset saya tidak tahu. ,”ungkap Oyok dengan nada pelan  matanya sesekali melirik ke kanan dan  ke kiri.
Ketika ditanya kenapa dirinya agak ragu dan sedikit menutup dalam  memberikan penjelasan kepada sejumlah awak media terkait  uang santunan ahli waris serta soal hasil sewa asset berupa lahan pertanian yang disewakan ke pihak lain, lantas Oyok pun menjawan dengan datar,” Kalau ngong saya hati-hati takut ada yang dengar, karena di sini (sekitar monument Rawagede) banyak mata-mata. Sebentar lagi juga ada orang yang datang karena curiga,”tutur Oyok
Terpisah dalam waktu yang sama,  Ketua Yayasan Rawagede, Karman. HD,  saat dikonfrimasi terkait santunan yang diberikan kepada ahli waris, .Menurut dia Yayasan Rawagede pada acara peringatan 9 Desember 2017 yang baru saja dilaksanakan telah memberikan santunan kepada ahli waris sebanyak 181 orang dan 119 orang lanjut usia (Jompo),” Uang santunan itu berasal dari  asset ahli waris berupa sawah yang hasil sewanya di kelola oleh Yayasan Rawagede,”Pungkas Sukarman.
By : Endang Syarifudin

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.