Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Puluhan UMKM Online Gelar Bazar di Lomba Kejuaraan Panahan Se-Jabodetabek

Puluhan UMKM Online Gelar Bazar di Lomba Kejuaraan Panahan Se-Jabodetabek


Ketua RW 013 Perwira, Agustiono, di sela-sela keramaian Bazar UMKM, menjelaskan minat warganya berdagang dalam tiga tahun terakhir ini kian meningkat.


Kota Bekasi | lingkarkonsumen.com - Sebanyak lebih dari 40 pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro [UMKM] yang sehari-hari berdagang secara online, khusus guna menyemarakkan Kejuaraan Panahan Pemula se-Jabodetabek di Kota Bekasi, 14-15 Oktober 2023, mereka menggelar Bazar UMKM diarea lomba cabang olah raga panahan itu. 


Rachmawati, S.E., Panitia Bazar menjelaskan, giat UMKM pedagang online tersebut merupakan penyangga untuk menyemarakkan Platinum Archery Tournament III, yaitu sebuah Kejuaraan Panahan Pemula yang diselenggarakan ketiga kalinya atas restu Persatuan Panahan Indonesia [Perpani] Kota Bekasi. 


“Ceritanya begini,” lanjut Rachmawati, bahwa di lingkungan RW-nya ada Platinum Archery. Ini adalah sebuah perkumpulan dan pusat padepokan pelatihan olah raga memanah. 

Platinum Archery itulah penyelenggara lomba panahan tersebut. 

Tempat pertandingannya di Area Fasum Balai Bintang RW 013, Perumahan Bintang Metropol, Kel.Perwira, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi. 


Pesertanya se-Jabodetabek jumlahnya sekitar 300 atlet panahan pemula. “Inisiatif giat kami mengadakan Bazar UMKM, datangnya dari Pak Ketua RW,” kata Rachmawati, S.E., tokoh komunitas pedagang Online Kota Bekasi, yang menjadi Panitia Bazar UMKM tersebut, Sabtu, 14 Oktober 2023. Kata Rachmawati meniru ucapan Ketua RW-nya, 


“Itu kan acara besar. Ayo kita sambut dan semarakkan kejuaraan itu. Kita adakan Bazar UMKM. Di lingkungan kita kan banyak pedagang online. Nanti, merekalah pengisi bazar tersebut.” 


Oleh karena Rachma begitu sapaan akrab RachmawatI, memang bagian dari komunitas pedagang online, tentu saja dia menyambut positif inisiatif Ketua RW-nya. 

”Alhamdulillah, inilah qadarullah. Bazar diikuti bukan saja pedagang online di RW sini, melainkan ada beberapa yang dari beda kelurahan, bahkan beda kecamatan,” ujar Rachma. 

Ketua Panitia Bazar UMKM, Hj. Rachmawati, S.E., menyemangati atlet panahan pemula yang mau berlomba di Area Fasum Balai Bintang RW 013 Perwira, Sabtu, 14 Oktober 2023
Disebutkannya, bahwa semua UMKM pedagang online di 8 (delapan) Rukun Tetangga [RT] se-RW 013 Perwira ikut memanfaatkan sekitar 85% lapak bazar yang tersedia. Yang 15%-nya lagi dimanfaatkan oleh sahabat UMKM pedagang online dari luar RW 013 Perwira. 


Jenis barang yang didagangkan sebagian besar adalah makanan dan minuman [mamin], baik kemasan maupun non-kemasan, dan pastinya siap saji atau siap santap. 

Ada juga yang menjual pakaian fashion, serta barang asesoris, tas, dan sebagainya. 


Ketua RW 013 Perwira, Agustiono, saat ditemui di teras Balai Bintang RW 013 Perwira, membenarkan bahwa Pengurus RW 013 memang yang mendorong agar ada lagi Bazar UMKM untuk mengiringi dan menyemarakkan perhelatan tanding panahan yang dikemas dengan label Platinum Archery Tournament III Tahun 2023. 


“Dulu, tahun 2021, ketika turnamen pertama kali diselenggarakan, kami pun menyemarakkan dengan mengadakan bazar. Tetapi, pesertanya masih sedikit, hanya belasan UMKM. 


Pada turnamen kedua, jumlahnya bertambah. Dan yang sekarang, ada 40 UMKM pedagang online binaan RW, ikut memanfaatkan bazar ini, bahkan dari luar RW sini pun ada yang ikut,” kata Agustiono yang sapaan akrabnya Agus itu. 


Agus menganjurkan, trendi pertumbuhan peserta bazar dari tahun ke tahun pasca pandemi covid itu perlu disyukuri bersama. 

Kenapa? Dijawab sendiri, karena trendi itu merupakan tengara, pertanda atau indikasi bahwa warga di lingkungan RW-nya sudah menggeliat untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi yang pernah melanda mereka. 


“Terkait itu, saya secara pribadi khususnya, sungguh menaruh harapan, semoga Bu Rachma selaku tokoh komunitas UMKM pedagang online, ke depannya dapat membuka akses lebih luas ke pihak-pihak Pemerintah Kota Bekasi, agar terjadi peningkatan kesejahteraan yang kian dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Agus. [Bur]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.