Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Ditjen PKTN Sita Jembatan Timbang Tidak Bertanda Tera Sah

Ditjen PKTN Sita Jembatan Timbang Tidak Bertanda Tera Sah

Petugas Direktorat Metrologi sedang melakukan penyegelan jembatan timbang tidak ada tanda tera sah milik peleburan besi baja di Cikande Serang Banten, Selasa 5 September 2023.









Serang l lingkarkonsumen.com - Ditjen Perlindungan Konsumen Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan [Ditjen PKTN] melaksanakan penegakan hukum berupa penyitaan terhadap alat bukti timbangan jembatan yang tidak bertanda tera sah milik perusahaan peleburan besi baja di kawasan industri Cikande, Serang Banten. Penyitaan alat bukti dilakukan oleh Direktorat Metrologi pada Selasa [5/9/2023].


Penyitaan tersebut merupakan serangkaian proses penyidikan tindak pidana di bidang Metrologi Legal atas adanya dugaan pelanggaran terhadap Pasal 25 huruf b UU No. 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.


Adapun tujuan dari penyitaan jembatan timbang tersebut adalah untuk memastikan pelaksanaan tertib ukur sebagai bagian dari pelaksanaan perlindungan konsumen dan tertib niaga sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dari penggunaan Alat Ukur, Alat Takar, Alat Timbang, dan Alat Perlengkapan, dilansir dari IG ditjenpktn Jumat [7/9/2023].


Plt. Dirjen PKN mengungkapkan bahwa perusahaan ini memakai alat timbang yang tidak sesuai ketentuan yaitu tidak bertanda tera sah yang berlaku, dimana alat timbang tersebut digunakan untuk transaksi perdagangan yakni pembelian bahan baku berupa besi scrap dan penjualan produk akhir berupa baja tulang beton.


Lebih lanjut, Plt. Dirjen PKTN menjelaskan bahwa setiap Alat Ukur, Alat Takar, Alat Timbang, dan Alat Perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan usaha wajib dilakukan tera dan tera ulang secara berkala. 


Adapun timbangan jembatan adalah alat timbang yang wajib dilakukan tera dan tera ulang setiap tahun. Hal ini untuk memastikan bahwa timbangan jembatan yang digunakan telah memenuhi syarat teknis kemetrologian untuk menjamin kebenaran pengukurannya. [red]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.