Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Manajemen Alfamart Bantah Adanya Donasi Konsumen untuk Capres Tertentu

Manajemen Alfamart Bantah Adanya Donasi Konsumen untuk Capres Tertentu

Tangerang l lingkarkonsumen.com - Viral photo struk belanja dari toko modern Alfamart di sosial media dan WhatsApp yang mengaitkan program donasiku sembako gratis untuk mendukung pasangan calon capres/cawapres tertentu.
Manajemen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, perusahaan waralaba Alfamart, membantah adanya program donasiku sembako gratis untuk mendukung pasangan capres/cawapres tertentu
"Kami pastikan itu hoaks," ujar Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin melalui keterangan tertulis, Kamis 11 April 2019.

Pernyataan manajemen pengelola jaringan minimarket ini menyikapi beredarnya foto struk belanja Alfamart di sosial media dan WhatsApp yang mengaitkan program donasiku sembako gratis untuk mendukung pasangan calon capres/cawapres tertentu.
“Berita yang tersebar di sosial media tersebut saya jamin tidak benar,” kata Solihin.

Solihin mengatakan masalah ini berawal dari konsumen bernama Rahmi yang berbelanja di Alfamart pada 27 Maret 2019. Saat transaksi terjadi kesalahan dalam memasukkan nilai donasi yang telah disetujui seharusnya Rp 100 menjadi Rp 10.000.

"Saat kasir mengetahui terjadi kesalahan, lalu mengkonfirmasi kepada konsumen dan menggantinya dengan uang tunai. Konsumen menerima penjelasan dan tidak mempermasalahkan lagi."

Alfamart, kata Solihin, memiliki SOP yang wajib dijalankan oleh setiap kru toko dalam kaitannya donasi konsumen. Dia menegaskan, tidak ada sistem potong langsung, kasir wajib menawarkan dahulu kepada konsumen apakah bersedia untuk berdonasi? Jika tidak, uang akan dikembalikan.
"Kasir hanya menawarkan konsumen untuk berdonasi atas uang kembalian di bawah 500 rupiah," katanya.

Menurut Solihin, program donasi yang dijalankan oleh Alfamart selalu bekerja sama dengan yayasan-yayasan yang kredibel, akuntabel, dan transparan serta memiliki izin resmi dari pemerintah.

Program sembako gratis merupakan program dari yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) periode 1 Januari hingga 31 Maret 2019. Kerja sama Alfamart dengan BMCI berlangsung sejak tahun 2015, menyalurkan sembako gratis pada masyarakat pra sejahtera.

Solihin menambahkan, hasil donasi yang didapat dari konsumen, langsung diserahkan kepada pihak yayasan. “Sebagai bentuk transparansi, laporan donasi juga diaudit oleh Kantor Akuntan Publik,” ujarnya.

By : Juned




Sumber : Tempo.co

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.