Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

RS Bayu Asih Purwakarta Siapkan Kamar Khusus Untuk Caleg Stres

RS Bayu Asih Purwakarta Siapkan Kamar Khusus Untuk Caleg Stres

Ilutrasi Bangsal Khusus Penyakit Kejiwaan/Stres
Purwakarta l lingkarkonsumen.com - RSUD Bayu Asih Purwakarta, Jawa Barat telah menyiapkan bangsal khusus untuk calon legislatif yang terkena gangguan jiwa, karena gagal terpilih di Pemilu 17 April 2019, selain bangsal (kamar) khusus dengan fasilitas tiga bed ada dua dokter spesialis kejiwaan yang disigakan.

Direktur Utama RSUD Bayu Asih Purwakarta, Agung Darwis Suriatmadja, mengatakan, saat ini situasi politik menjelang Pemilu, baik itu pemilihan legislatif maupun presiden kian memanas. Karenanya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, RSUD menyiapkan fasilitas khusus jika ada caleg yang mengalami gangguan jiwa pasca pemilu.

"Karena, memang prosedurnya seperti itu, setiap rumah sakit apalagi RSUD harus menyiapkan fasilitas khusus," ujar Agung.

Maka dari itu, di RSUD ini ada ruangan khusus berikut dengan tim medisnya. Bahkan, jika kewalahan RSUD juga sudah bekerja sama dengan RSJ Bandung.

Akan tetapi, lanjut Agung, berdasarkan pengalaman pada pemilu sebelumnya, di Purwakarta tidak ada kejadian Caleg yang mengalami gangguan mental pasca pencoblosan. Baik, Caleg yang terpilih maupun yang kalah.

Namun yang konsultasi dengan psikiater banyak. Dia mengatakan, sangat manusiawi, jika caleg yang kalah mengalami gangguan emosional. Terlebih lagi, bila dalam proses pencalegan itu, harta benda mereka habis. Biasanya, ini yang menjadi pemicu meningkatkan konsultasi dengan psikiater. "Di Pemilu 17 April mendatang, kami berharap tidak ada caleg yang stres akibat kalah," ujarnya.


Sumber: Republika.co.id

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.