Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Kenaikan Harga Tiket Pesawat Ibarat Makan Buah Simalakama

Kenaikan Harga Tiket Pesawat Ibarat Makan Buah Simalakama

Ilutrasi Harga Tiket Pesawat dan UMKM 
Lingkarkonsumen.com - Kenaikan harga tiket pesawat ibarat memakan buah simalakama, bila perusahaan penerbangan tidak menaikkan harga perusahaan bisa bangkrut, sebaliknya harga tiket naik seperti sekarang banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) gulung tikar.

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memperkirakan maskapai penerbangan bisa gulung tikar jika mempertahankan tiket pesawat murah karena tidak bisa menutup biaya operasional penerbangan. Oleh sebab itu, JK menyebutkan perlunya ada keseimbangan antara daya beli masyarakat dan keuntungan maskapai.

"Artinya tidak memberatkan masyarakat tetapi juga bisa menghidupi maskapai," kata JK ketika menjawab pertanyaan sejumlah gubernur yang mengikuti Rapat Kerja nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Padang, Sumatera Barat, Kamis, 21 Februari 2019.

JK mengatakan penerbangan murah atau Low Cost Carrier (LCC) sebelumnya terbukti lebih banyak membuat maskapai bangkrut dari pada tumbuh, sebut saja Mandala, Batavia Air, Adam Air, dan masih banyak lainnya. Beberapa maskapai lain sekarang juga telah bergabung dan berada dalam dua grup saja yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air Group, dikutip dari Tempo.Co.


Menurut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sekarang pendapatan UMKM di Sumbar mengalami penurunan sebanyak 40 persen. "Melambungnya harga tiket pesawat menurunkan pendapatan UMKM sampai 40 persen," kata Irwan, melalui keterangan tertulis, dikutip dari Republika, Jumat (22/2).

Sumbar merupakan provinsi yang mengandalkan sektor pariwisata. Bidang tersebut selama ini jadi nadi perekonomian masyarakat. Kedatangan para turis baik lokal dan maupun mancanegara menjadi celah bagi masyarakat memasarkan berbagai produk lokal khas Sumbar. Begitu juga dengan pemasukan masyarakat yang bergerak pada bisnis perhotelan dan home stay.

Selain Sumbar yang merasakan penurunan pendapatan UMKM, Provnsi Nanggroe Aceh Darussalam juga mengeluh masyarakatnya yang kehilangan pekerjaan karena beberapa perusahaan mengurangi jumlah karyawan dan mengurangi jumlah produksi untuk menekan biaya.

Sulawesi Tengah juga merasa kesulitan dengan kondisi tiket pesawat mahal. Provinsi tersebut baru saja dilanda bencana besar tsunami dan gempa bumi dahsyat tahun lalu. Sulteng harus melakukan pemulihan ekonomi dengan cepat supaya masyarakat kembali bangkit. Tapi tingginya harga tiket pesawat dan ongkos kargo membuat revitalisasi di Sulteng terhambat.

By : Djunaedy M.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.