Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Tanpa Papan Nama Proyek, Pengerjaan Ruang Kelas SMK PN Purwakarta Dikebut

Tanpa Papan Nama Proyek, Pengerjaan Ruang Kelas SMK PN Purwakarta Dikebut

Tampak : Ratiman ketua Panitia Proyek Pembangunan Ruang Kelas SMK PN Purwakarta sedang menunjukan lokasi proyek dana APBN dengan pagu Rp230 juta.(Dok/Ful)
Purwakarta I lingkarkonsumen.com Pengerjaan proyek pembangunan gedung SMK Purnawarman (PN) Purwakarta, Jawa Barat tampak dikebut untuk mengejar waktu kontrak kerja yang harus selesai sebelum ahir bulan Desember 2017.

Namun sangat disayangkan proyek pembangunan fisik tiga lantai yang menggunakan anggaran APBN 2017 dengan pagu Rp 230 juta tidak dilengkapi oleh papan nama kegiatan proyek, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung.

Dimana papan nama proyek harus dibuat sebelum dan selama kegiatan pembangunan dilaksanakan harus dipasang papan proyek yang mencantumkan nama proyek, nama pemilik, lokasi, tanggal izin, pemborong, dan Direksi Pengawas dengan cara pemasangan yang rapi dan kuat serta ditempatkan pada lokasi yang mudah dilihat publik.

Bahkan saat dikonfirmasi kepala sekolah SMK PN Purwakarta, Uyat  bahwa dirinya merasa optimis bahwa pelaksanaan pekerjaan fisik tiga lantai akan rampung sebelum ahir Desember 2017, hal serupa juga diutarakan Ratiman,  ketua Panitia Proyek, pada awak media Senin (18/12)

Ratiman menjelaskan bahwa proyek fisik tiga lantai tersebut akan diperuntukkan satu lantai untuk ruangan laboratorium dan yang dua lantainya untuk ruangan kelas belajar.

Pengerjaan bangunannya sendiri tidak menggunakan jasa pihak ketiga (pemborong), dikerjakan dengan cara swakelola dengan harapan kualitas fisik bangunan lebih berkualitas dan hasil maksimal, ujar Ratiman.

Namun ketika di tanya soal belum adanya papan nama proyek di lokasi pekerjaan, menurut Ratiman bahwa papan nama proyek sudah dibuatkan hanya saja tidak dipasang, tanpa menjelaskan lebih rinci tidak terpasang papan nama proyek dilokasi sejak awal pelaksanaan.

By : Fuljo

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.