Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Ritual Budaya di Petilasan Joko Tingkir

Ritual Budaya di Petilasan Joko Tingkir

Salah seorang pezaiarh tengah mencoba memasukan tangannya yang dipandu oleh seorang kuncen makom keramat  kedalam sebuah gelang pusaka peninggalan orang terdahulu. 
Karawang I lingkarkonsumen.com -  Petilsan Joko Tingkir yang berada di Dusun Rawagede, Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Karawang memasuki bulan Maulud kerap ramai dikunjungi oleh para peziarah. Kehadiran mereka (Peziarah)  yang datng dari pelbagai daerah di Kabupaten Karawang dan sekitarnya sekedar melakukan ziarah dan doa  di makom tersebut.

Maka tak heran,  helaran ritual budaya yang digelar tiap tahun di petilasan Joko Tingkir atau khalayak menyebutnya makom keramat segala macam ritual digelar. Mulai dari kegaiatan  budaya wayang golek yang digelar semalam suntuk hingga benda-benda pusaka peninggalan orang terdahulu yang turut diperlihatkan kepada para peziarah.

Salah seorang peziarah bernama Yulia (34) wanita asal  Karawang ini dirinya mengaku datang ke makom keramat Rawagede hanya sekedar ingin mengetahui saat pelaksanaan ritual budaya sebagai tradisi masyarakat local,” Wah, ramainya juga makom keramat di sini. Saya baru kali ini menyaksikan ritual budaya di lokasi ini,”katanya kepada Lingkar Konusmen, Sabtu, (2/12).

Menurut Yulia, ternyata di Karawng banyak terdapat peninggalan yang mengandung sejarah untuk diperkenalkan kepada generasi sekarang sebagai media belajar pengenalan sejarah. Banyak- benda-benda pusaka peninggalan seperti, keris, kujang, tombak dan lainnya yang masih tersimpan dengan baik,” Untuk melestarikan benda-benda pusaka tak ada salahnya jika pemkab membangun museum kepurbakalaan agar benda pusaka yang ada tetap terjaga,”ujarnya.
By : Endang S

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.