Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Tahun 2019 Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Go Online

Tahun 2019 Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Go Online


Jakarta I lingkarkonsumen.com - Dalam perkembangan ekonomi digital di Indonesia, salah satu yang menjadi fokus pemerintah adalah menjadikan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sebagai pemain utamanya.

Guna mewujudkan hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM beserta stakeholders terkait lainnya telah menggulirkan program "8 Juta UMKM Go Online", guna mendukung proses transformasi UMKM di Indonesia menuju dunia digital.

"Pelaku UMKM harus menjadi pemain utama dari perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Kita punya target bagaimana menjadikan 8 juta UMKM ini go online pada tahun 2019," kata Menkominfo Rudiantara, di Jakarta, Rabu (15/11).

Dari data yang dihimpun Kementerian Koperasi dan UKM, dari 59,2 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia, baru sekitar 3,79 juta UMKM yang memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk-produknya . Hal inilah yang akan terus didorong oleh pemerintah Indonesia, sehingga nantinya seluruh pelaku UMKM bisa ikut menikmati kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Untuk mewujudkan target 8 juta UMKM Go Online, pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan sejumlah marketplace online, di antaranya Lazada, Shopee, MatahariMall.com, BliBli.com, Bukalapak, Tokopedia, dan Blanja.com.

"Kami harapkan kolaborasi ini bisa menjadi kolaborasi yang berkesinambungan, dan mencapai visi kita bersama menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia pada 2020," ujar Rudiantara.

By : Winto




Sumber : BeritaSatu.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.