Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemendag dan Aprindo Sepakati Harga Bawang Putih Rp 35.000/kg

Kemendag dan Aprindo Sepakati Harga Bawang Putih Rp 35.000/kg

Jakarta l lingkarkonsumen.com - Dirjen PDN Kemendag, Tjahya Widayanti sudah lakukan koordinasi dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), menjaga stabilitas harga bawang putih jelang lebaran 2019. Hasil dari kesepakatan harga bawang putih honan di ritel modern Rp 35 ribu per kg dan bawang putih kating Rp 40 ribu per kg.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan peninjauan lasung pada ritel modern guna memastikan hasil kesepakatan harga bawang putih sebesar Rp 35 kg.

"Ritel modern harus menjual Rp 35 ribu per kg jadi siapapun itu retail modern harus menjual Rp 35 ribu per kg, Kita lihat Giant sudah mengimplementasikan hasil dari rapat," ujar Tjahya Widayanti di Giant Ekstra CBD Bintaro, Tangerang, dikutip dari Suara.com Jumat (10/5/19).

Sementar di pasar tradisional/rakyat harganya diterapkan kepada pedagang untuk menjual bawang putih honan sebesar Rp 32 ribu per Kg.
"Tidak ada alasan pedagang dan pelaku distribusi pangan untuk menaikkan harga. Itulah yang kami minta ke mereka sekali lagi tidak ada alasan pedagang untuk menaikkan harga karena stoknya aman," tambahnya.

Tjahya menambahkan bila terjadi gejolak harga kembali, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas Pangan untuk mengawasi harga.

Selain itu upaya untuk menekan harga bawang putih dipasar Kemendag telah menggelar operasi pasar di beberapa daerah. Dalam operasi pasar tersebut menyediakan stok 375,8 ton bawang putih untuk 13 Provinsi dinyatakan stok barang aman.

Operasi Pasar (OP) dilaksanakan dengan menjual bawang putih Rp 30.000 / kg pada tingkat konsumen langsung. Diwilayah Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, Jambi dan Riau.
"Kemendag akan terus menggelar operasi pasar hingga harga bawang putih stabil," terangnya.

By : Dyan

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.