Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Libur Natal-Tahun Baru, Pertamina Jamin BBM dan LPG Tersedia

Libur Natal-Tahun Baru, Pertamina Jamin BBM dan LPG Tersedia

Jakarta l lingkarkonsumen.com - PT Pertamina (Persero) menyiapkan sejumlah upaya pengamanan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama masa libur Natal 2017 hingga Tahun Baru 2018. Perseroan pun membentuk satuan tugas untuk pengamanan pasokan bahan bakar tersebut yang bertugas sejak 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

SVP Fuel Marketing & Distribution Pertamina Gigih Wahyu Hari Irianto mengatakan konsumsi BBM dan LPG diperkirakan akan mengalami peningkatan. Premium dengan kenaikan sebesar dua persen, Pertalite 12 persen, Pertamax tujuh persen, Pertamina Turbo 15 persen, Dexlite 10 persen, Pertamina Dex 12 persen, Avtur 11,5 persen, dan LPG empat persen. Sementara Solar turun enam persen.
"Penurunan konsumsi solar disebabkan pembatasan operasional angkutan barang pada H-3 hingga H+3 dan penurunan kegiatan angkutan industri," kata Gigih dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (15/12).

Gigih menuturkan pihaknya setidaknya menyiapkan upaya pengamanan BBM dan LPG selama masa libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Upaya-upaya tersebut adalah meningkatkan stok BBM, LPG, dan Avtur di tingkat TBBM, DPPU, dan depot LPG. Peningkatan stoknya sudah dimulai sejak 1 hingga 17 Desember.

"Upaya-upaya yang kami lakukan ini demi kenyamanan dan ketenangan masyarakat menikmati masa libur Natal dan Tahun Baru," ujarnya

Upaya yang dilakukan, lanjut Gigih, Pertamina meningkatkan stok BBM di SPBU dan stok LPG di Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE), Agen hingga Pangkalan LPG. Kemudian penambahan mobil tangki, agen/pangkalan siaga LPG, serta menyiagakan kantong SPBU dan SPPBE di jalur wisata dan daerah rawan kemacetan. Setidaknya terdapat 35 SPBU kantong dan 51 SPPBE kantong yang disiagakan dengan sebaran di Sumsel, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, dan Jatim.

Upaya keempat, penyiapan layanan khusus KiosK Pertamax, mobile dispenser unit, BBM kemasan di SPBU, dan motor/mobil pengantar kemasan BBM di beberapa titik yang rawan kemacetan dan jauh dari SPBU. Sebanyak 9 titik KiosK Pertamax yang telah disiapkan antara lain di SPBU rest area Tol Cipali dan pantura Kota Tegal, serta lima titik mobil tangki dispenser di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain itu, 15 titik motorist BBM kemasan di jalur Pantura Jabar dan Jateng, serta Sumatera.

Untuk kelancaran tim satgas, Pertamina juga berkomunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait di antaranya Kementerian Perhubungan, Polri, Kementerian ESDM, BPH Migas, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan BPJT. "Pertamina juga mengomunikasikan berbagai informasi yang memudahkan masyarakat melalui media, sosial media, aplikasi Pertamina GO, serta layanan kontak Pertamina 1 500 000," terang Gigih.

Khusus LPG, menurut SVP Non Fuel-Marketing Pertamina Basuki Trikora Putra, Pertamina akan memastikan pasokan LPG aman dengan menyiagakan 2.528 agen dan 23.848 pangkalan LPG di seluruh Indonesia. Serta, berkoordinasi dengan pemda dan instansi terkait apabila diperlukan tambahan pasokan melalui operasi pasar LPG 3 kg. “Kami memperkirakan terjadi peningkatan konsumsi hingga empat persen dari rata-rata normal, dengan kondisi puncak pada 26-30 Desember 2017” ujarnya.

Bu : Victor 





Sumber : BeritaSatu.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.