Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Tetap Sehat Saat Lansia

Tips Tetap Sehat Saat Lansia

Jakarta - Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi), Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGer Mepid, mengatakan, ada beberapa tips untuk lanjut usia (Lansia) (60 tahun keatas) agar bisa tetap sehat di saat lansia.

Pertama, dr Siti menyebutkan, lansia harus makan makanan yang sehat. Perbanyak makan protein yang sumbernya berasal dari ikan dan telur ayam. Hal itu karena protein diperlukan untuk kebutuhan masa otot dan kekuatan otot, bukan hanya pada otot rangka tapi juga pada otot jantung dan lainnya.

"Keduanya sangat penting diberikan asupannya karena masa otot dan kekuaan otot sangat diperlukan lansia agar tetap beraktifitas aktif dan mandiri,” ungkap dr Siti di sela 'Kalbe Peringati Hari Lanjut Usia Nasional' di Jakarta, Senin (22/5).

Kedua, dr Siti menyebutkan, lansia juga harus beraktifitas fisik dan jangan pernah berhenti bergerak. Mulai dari malakukan pekerjaan rumah dan juga olahraga rutin selama 30 menit sebanyak lima kali dalam satu minggu.

Ketiga, melatih otak dan mempelajari hal-hal baru hal ini untuk mengurangi pikunpada saat lansia. Kegiatan melatih otak bisa dilakukan dengan membaca, melukis, atau bahkan belajar masak. Sehingga tetap produktif meski saat lansia sekalipun.

Keempat, lanjut dia, para lansia sebaiknya tetap melakukan sosialisasi dengan lingkungan. Mulai dari acara pengajian, seminar, arisan, dan sebaginya. Terakhir, dr Siti mengatakan, sangatlah penting menciptakan lingkungan ramah terhadap lansia.
"Untuk itu, ajarkan pada anak dan cucu untuk menghargai lansia," tegasnya.
Sumber : Investor Daily

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.