Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelindo III Siapkan Mudik Gratis Bagi Pemudik asal Kalimantan dan Makassar

Pelindo III Siapkan Mudik Gratis Bagi Pemudik asal Kalimantan dan Makassar

Surabaya l lingkarkonsumen.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan menyediakan 126 perjalanan bus mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Tanjung Emas, Semarang.

Layanan khusus menyambut lebaran ini dikemas dalam program “Yuk Pulang Kampung, Mudik Gratis Bareng Pelindo III“ akan tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak tujuh hari sebelum Lebaran (H-7) hingga H-1 sebelum Lebaran, atau mulai tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2017 mendatang.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat menyatakan diperkirakan sedikitnya 7.000 penumpang kapal laut dari Sampit, Pontianak, Balikpapan, dan Makassar akan tiba secara bergiliran di di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Karena alasan itu, layanan mudik gratis dipusatkan di kedua pelabuhan itu. "Melalui program 'Yuk Pulang Kampung, Mudik Gratis Bareng Pelindo III’ ini Kami akan mengantar mereka langsung menuju beberapa kota tujuan di Pulau Jawa secara gratis," kata Hidayat, Selasa (30/5).

Menurut Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal Pelindo III, Bambang Hasbullah,  jumlah peserta mudik gratis yang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak diperkirakan mencapai 4.200 penumpang. Sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Emas diperkirakan sebanyak 2.900 penumpang. “Jadi, total jumlah penumpang yang akan dibiayai Pelindo III sekitar 7.100 penumpang," ungkapnya.

Dijelaskan, beberapa rute yang akan dilalui bus gratis dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diantaranya adalah tujuan Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember dengan total 18 perjalanan. Kemudian, tujuan Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun sebanyak 21 perjalanan, tujuan Kediri, Tulungagung, Trenggalek sebanyak 22 perjalanan dan tujuan Lamongan, Bojonegoro, Cepu sebanyak 9 perjalanan serta tujuan Pare dan dan Blitar sebanyak lima perjalanan.

Sedangkan dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani beberapa rute perjalanan, seperti ke Solo, Yogyakarta sebanyak 14 perjalanan, ke Demak, Kudus, Pati sebanyak 11 perjalanan. Kemudian ke Temanggung, Parakan, Wonosobo sebanyak 8 perjalanan dan ke Magelang, Jogjakarta, Purworejo sebanyak 11 perjalanan, lalu ke Kendal, Pekalongan, Pemalang sebanyak 7 perjalanan.

Bambang menyatakan untuk mengikuti program mudik gratis itu calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukan tiket kapal dan bukti identitas diri. Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III juga dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo III, dan calon penumpang mudik gratis tersebut akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kaos mudik, konsumsi 'snack', serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC.

Bambang menambahkan Pelindo III memang sepenuhnya memprakarsai dan mendanai program ini. Namun dalam pelaksanaannya Pelindo III bersinergi dengan BUMN lain seperti PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sebagai operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk penyediaan armada bus.

“Program ini bertujuan memudahkan para penumpang kapal laut melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga sampai kota tujuan,” imbuh Bambang.
Sumber : Suara Pembaruan

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.