Ad 728x90

Breaking News

Warga Karawang Bagian Selatan Kesulitan Air Bersih

Karawang l lingkarkonsumen.com - Ratusan keluarga di Desa Jatilaksana Kabupaten Karawang, Jawa Barat, atau di wilayah Karawang selatan mulai kesulitan air bersih pada musim kemarau. 

"Ada sekitar 500 KK di Dusun Cibarengkok, Desa Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan yang kesulitan air bersih," kata Kepala Desa setempat Asep Saepulloh, di Karawang, Minggu. 

Ratusan keluarga di dusun itu sudah mengalami kesulitan air bersih sejak beberapa pekan terakhir. 

Untuk mendapatkan air bersih, warga setempat harus mencari hingga ratusan meter. Ada pula yang sampai menumpang ke rumah tetangga dan saudaranya. 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karawang Banuara Nadeak menyatakan pihaknya sudah menetapkan status siaga bencana kekeringan menyusul tingginya potensi kekeringan di daerah tersebut pada musim kemarau tahun ini. 

Ia mengatakan, sesuai dengan pemetaaan yang telah dilakukan, dari total 30 kecamatan yang tersebar di Karawang, mayoritas kecamatan berpotensi dilanda bencana kekeringan. Bahkan disebutkan sekitar 80 persen daerah di Karawang berpotensi dilanda kekeringan pada musim kemarau tahun ini. 

Untuk mengantisipasi bencana kekeringan, kini BPBD Karawang sudah berkoordinasi ke berbagai pihak. Sebab penanganan bencana kekeringan ini perlu keterlibatan lintas instansi. 

Bentuk antisipasi lainnya ialah dengan melakukan pemetaan sumber-sumber air bersih yang dapat dipergunakan masyarakat. Selain itu, juga akan dilakukan persediaan air bersih, dengan mengirimkan tangki air bersih dan menggunakan pompa-pompa untuk menarik sumber mata air.(ant/*)



Victor ...