Ad 728x90

Breaking News

Pemkot Bogor Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan di Situ Gede

Bogor l lingkarkonsumen.com - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menebar 250 ribu benih ikan air tawar di Situ Gede, Rabu dalam rangka mendorong kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi ikan masyarakat di wilayah itu.

Penebaran benih atau "restocking" dilakukan langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto bersama unsur pemerintahan dan aparat wilayah.

"Restocking ini upaya untuk melestarikan dan memulihkan sumber daya alam perikanan dan perairan yang ada di Kota Bogor," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Kota Bogor drh Wina.

Wina menjelaskan program penebaran benih itu sesuai arahan Menteri KKP agar budi daya perikanan jangan sampai merusak alam.

Ia menyebutkan kegiatan "restocking" tersebut bertujuan untuk memulihkan sumber daya alam di perairan Situ Gede dengan melepas 250 ribu ekor ikan.

"Ikan yang kami tebar ada dua jenis, ikan nilem dan ikan nila," katanya.

Menurutnya kedua jenis ikan itu mudah beradaptasi dengan lingkungan. Sekaligus menjadi ikan produksi bagi masyarakat sekitar.

"Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan produksi ikan dan diversifikasi ikan di wilayah Situ Gede," katanya.

Selain untuk mengembalikan populasi ikan, penebaran benih juga sebagai satu usaha masyarakat setempat.

"Masyarakat kita libatkan untuk memeliharanya, dan semoga tahun depan sudah bisa produksi," katanya.

Wina menambahkan bulan Agustus ini juga akan dilakukan penebaran benih ikan di Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane dengan jumlah yang hampir sama.

"Program ini juga bertujuan untuk mendorong masyarakat gemar makan ikan. Lewat pembenahan di hulu dan hilirnya, diharapkan konsumsi ikan di Kota Bogor meningkat," kata Wina.(ant/*)