Ad 728x90

Breaking News

Dinas Perikanan Menjamin Ikan Karawang Aman Dikonsumsi

Plt Kepala Dinas Perikanan Karawang, H. Abu Bukhari 

Karawang
l lingkarkonsumen.com - Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Perikanan menggelar Sosialisasi Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, bertempat di aula rapat kantor Dinas Perikanan pada Senin [22/8/2022].


Kegiatan tersebut mengemukan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan, bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil tahun anggaran 2022.


Plt. kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, H. Abu Bukhari mengatakan, tujuan kegiatan tidak lain adalah untuk memberikan rasa aman kepada konsumen/masyarakat dalam mengkonsumsi ikan segar maupun ikan olahan, mulai dari proses produksi, pengolahan, kemasan, serta penyimpanan.


“Sehingga diharapkan pelaku usaha dalam pengolahan ikan tidak menggunakan bahan

berbahaya, seperti halnya formalin, boraks dan lain-lain, karena hal itu sangat bahaya untuk kesehatan manusia,” ungkap H. Abu.


“Di Kabupaten Karawang Alhamdulillah sampai dengan saat ini, rutin diadakan pembinaan dan kepatuhan dalam mengolah ikan, ada 3.300 pelaku usaha ikan di Karawang,  semuanya dijamin tidak menggunakan bahan berbahaya dan beracun,” ujar H. Abu


Sementara itu, Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Produk Perikanan pada Dinas Perikanan Karawang, Emma Hendaryani menyebut, sebanyak 35 peserta yang mengikuti sosialiasi diantaranya adalah, dari pasar tradisional, pasar modern, UMKM Perikanan, Pendamping PPL dan PPB Perikanan.


“Hal ini meliputi kegiatan pengawasan dan pengecekan sampel produk perikanan yang berada di distributor, supplier, pelaku usaha perikanan baik pasar modern maupun pasar tradisional untuk di test uji aditif,” ujarnya.


Dia menambahkan, uji aditif tersebut diharapkan dapat memberikan jaminan mutu dan keamanan produk hasil perikanan kepada konsumen.




By : Djunaedy

Tidak ada komentar