Ad 728x90

Breaking News

Jokowi Ganti Menteri Perdagangan dan Menteri ATR/BPN

Jakarta l lingkarkonsumen.com - Presiden RI Joko Widodo [Jokowi] resmi mengganti dua menteri dan wakil menteri, Zulkifli Hasan menduduki posisi menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto pada posisi menteri Agraria dan Tata Ruang/kepada Badan Pertanahan Nasional. 


Zulkifli Hasan dilantik menggantikan menteri Perdagangan yang sebelumnya dijabat oleh Muhammad Lutfi. Sementara Hadi Tjahjanto menggantikan menteri ATR/BPN sebelumnya Sofyan Djalil.


"Sesuai dengan rencana dimana kita sudah lihat menteri dan wakil menteri sudah dilantik," kata Jokowi setelah pelantikan di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu [15/6/2022].


Seusai melantik keduanya di Istana Negara, Jokowi mengungkapkan alasan memilih Zulkifli Hasan [Zulhas] dan Hadi Tjahjanto sebagai menteri baru Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan 2019-2024, dikutip dari beritasatu.com.


Salah satu alasannya, kata Jokowi, melihat semua rekam jejak, pengalaman, dan skill manajerial Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto yang mampu mengerjakan tugas tanggung jawab secara detail, tidak hanya makro, tetapi juga mikro.


“Kita melihat semuanya. Rekam jejak, pengalaman, kemudian, terutama untuk skill manajerial. Karena sekarang bukan makro saja, tetapi mikro juga harus secara detail dikerjakan,” ujar Jokowi.


Seperti diketahui, Presiden Jokowi secara resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.


Pelantikan dua menteri tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 64/P tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.


Surat keputusan tersebut mengangkat dua pejabat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.


Kemudian dalam acara yang sama, Presiden Jokowi juga melantik tiga wakil menteri ,[wamen] berdasarkan Surat Keputusan RI Nomor 24/M tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.


Mereka adalah Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan dan john Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.


Berdasarkan dua surat keputusan tersebut, seluruh menteri dan wamen yang baru dilantik diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada 15 Juni 2022.





By : Juned 


Tidak ada komentar