Ad 728x90

Breaking News

Konsumen Mobil Banyak Turun Kelas, Balai Lelang Dipadati Kendaraan Leasing

Ilustrasi Balai Lelang Kendaraan 
Jakarta l lingkarkonsumen.com - Dampak pandemi Covid-19 mobil tarikan leasing memadati balai lelang kendaraan, fenomena yang terjadi banyak konsumen turun kelas dengan melepas kendaraan segmen atas ke mobil level bawah, untuk mendapatkan uang tunai. 


Ketua Persatuan Balai Lelang Indonesia [PERBALI] Daddy Doxa Manurung mendapatkan informasi tersebut dari rekan-rekannya dari mitra showroom mobil bekas. Ia menduga fenomena ini terjadi kala pandemi saat orang mengutamakan saving atau uang tunai untuk berjaga-jaga dari situasi terburuk pandemi yang belum pasti akan selesai kapan, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat [27/11/2020].


"Di beberapa showroom itu ada customer yang jual mobil kelasnya high, misal dia punya CRV, dia jual. Kemudian beli yang LCGC untuk sekedar dapat saving," kata Daddy.


Adapun harga Honda CRV bekas tahun anyar masih di harga kisaran Rp 300-400 juta. Jika kemudian Ia membeli LCGC yang harganya berada di bawah Rp 100 juta, maka ada potensi ratusan juta yang disimpan. Di sisi lain, Ia tetap bisa menjaga mobilitasnya dengan tetap memiliki kendaraan.


"Orang ini sekarang mau saving, tapi juga mau mobilitas. Jadi dia cari mobil untuk kepentingan pribadi dibanding naik public transport. Kalau sekarang mending saya cari bekas saja daripada baru, apalagi gap harganya jauh. Dua bulan ini stok mobil baru berkurang karena produksinya. Akhirnya orang cari mobil seken, yang penting saya bisa mobilitas lah," sebut President Director of PT. Balai Lelang Serasi (Ibid) itu.


By : Iman S.

Tidak ada komentar