Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

KPK Tangkap Pejabat dan Sejumlah Staf Kementrian PUPR

KPK Tangkap Pejabat dan Sejumlah Staf Kementrian PUPR

Jakarta l lingkarkonsumen.com - Sejumlah barang bukti diamankan tim operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantas Korupsi dari pejabat Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR, dimana barang tersebut berupa pecahan mata uang rupiah, dolar Amerika dan dolar Singapura.

Yang terdiri dari uang pecahan rupiah Rp3.999.900.000. Sedangkan untuk dolar Singapura berjumlah Sin$23,100 atau setara dengan Rp245.954.940 dan USD$3200 atau setara dengan Rp46.544.000, ujar ketua KPK Agus Rahardjo dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (29/12).

KPK menangkap sekitar 20 orang, terdiri dari pejabat Kementerian PUPR, pihak swasta dan pihak-pihak lain, dalam OTT yang berlangsung sore hingga malam, pada Jumat kemarin. Saat OTT KPK menyita barang bukti awal sebesar Rp500 juta dan Sin$25 ribu serta satu kardus berisi uang yang masih dalam penghitungan.

Uang tersebut diduga pemberian pihak swasta kepada pejabat Kementerian PUPR terkait proyek sistem penjernihan air minum (SPAM) Ditjen Cipta Karya tahun 2018, di sejumlah daerah. Lembaga antirasuah itu menduga ada proyek yang terkait penyediaan air bersih di daerah bencana.

KPK juga mendalami keterkaitan OTT tersebut dengan proyek pengadaan air minum di daerah terdampak bencana.

Proyek Air Minum Bencana
Proyek pengadaan air minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR itu diketahui tersebar di sejumlah daerah.

Daerah terdampak bencana yang terjadi beberapa bulan lalu di antaranya Lombok yang diguncang gempa, serta Palu dan Donggala yang digoyang gempa serta diterjang tsunami.

By : Juned

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.