Ad 728x90

Breaking News

Wow… Petani Padi Karawang, Mulai Beralih ke Tanam Cabai Merah

Cabai merah hasil produksi petani Karawang, dan Haji Wadi tengah menikmati hasil panen cabai merah dan siap dipasarkan.(Dok/Dang)
Karawang l lingkarkonsumen.com - Kabupaten Karawang tak hanya terkenal dengan tanaman padinya. Melainkan kota “ Pangkal Perjuanagan “ ini juga menyimpan berbagai jenis tanaman produktif yang sangat potensial dan diharapkan kedepan dapat mendongkrak pendapatan petani. Salah satunya adalah tanaman cabai merah.

Salah seorang petani asal Desa Pasirawi, Kecamatan Rawamerta, Karawang,  Haji Wadi mengaku, dirinya  beralih menanam  padi ke cabai merah, lantaran tanaman padinya teserang virus hama dan berujung gagal panen.

Menurutnya, menanam cabai awalnya hanya sekedar coba-coba, dan hanya sekedar memanfaatkan lahan sawah setelah di  panen. Dari coba-coba menanam cabai merah, ternyata  kata dia,  setelah ditekuni hasil panen cabai diluar. Menenama cabai merah waktu masa panennya sama dengan masa tanam padi, yaitu sekitar tiga bulan
”Hasilnya alhamdulillah, dari benih cabai merah yang kami tanam di lahan seluas tiga ribu meter, menghasilkan cabai merah sebanyak empat ton,”Kata Haji Wadi saat ditemui lingkarkonsumen.com di kediamannya, Selasa, (16/1).
Lebih lanjut dia menerangkan, hasil panen cabai merah kemudian ia pasarkan ke beberapa pasar di wilayah Karawang. Tak hanya itu, menurutnya,  ada juga beberapa para pengepul cabai merah yang datang membeli langsung di rumahnya
“Kami menjual cabai merah hasil tanaman kami jual dengan harga dua puluh tiga ribu perkilogram. Bahkan ada juga perusahaan makanan besar yang tertarik dan mengajak kerjasama untuk pengadaan cabai merah dengan kami. Tapi sekarang,  kami belum mampu memenuhi kebutuhan pasar yang lebih besar. Karena cabai merah yang kami tanam masih skala kecil hanya memenuhi pesanan pasar tradisionil dan konsumen,”tukasnya.

Haji Wadi menambahkan, kedepannya ia akan memeprluas areal tanaman cabai merahnya. Mengingat  saat ini potensi tanaman cabai merah dapat diandalkan, selain padi. Untuk menghasilkan cabai merah yang berkualitas kini ada perusahaan pupuk yang telah menjalin kerjasama,” Mudah-mudahan kedepan cabai merah produksniya akan kami tingkatkan lagi,”cetus Haji Wadi.

By : Endang Syarifudin