Ad 728x90

Breaking News

Bumdes Desa Tegalsawah Terinspirasi Lagu Iwan Fals

Direktur Bumdes “Bhakati Banda Yuda” Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, Krawang, Enda, dan  wahana saung terapii Ikan yang dipadati pengunjung
Karawang | lingkarkonsumen.com -  Desa jadi kekuatan ekonomi Entah bagaimana caranya Desa adalah kenyataan Kota adalah pertumbuhan Desa dan kota tak terpisahkan Tapi desa harus diutamakan.
Itulah sepenggal lirik lagu “ Desa “ milik musisi legendaris Indoneisa Iwan Fals yang menjadi sumber insprasi bagi anak-anak muda di desa untuk bangkit membangun ekonomi usaha kecil yang dikemas secara apik melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).
Maka tak heran, dengan kucuran anggaran senilai Rp.124 juta dari program dana desa (DD) Tahun 2017, Suhenda selaku Direktur Bumdes “Bhakti Banda Yuda” ia telah mewujudkan lagu “Desa” tersebut  dengan membangun usaha wisata yang ia beri nama  obyek wisata “Pemandian Kolam Dewa”.

Di atas lahan seluas 400 meterpersegi yang dia kontrak milik warga setempat selama dua tahun sebesar Rp.14 juta. Bukti konkritnya,  di areal tersebut berdiri bangunan obyek wisata lengkap dengan berbagai wahana dan permainan keluarga, seperti wahana Sepeda Terbang, Kolam Pemandian Anak, dan Saung Terapi dengan media Ikan. Sedangkan, harga tiket masuk ke obyek wisata tersebut, pengunjung dikenakan biaya karcis sebesar Rp.10 ribu perorang.


Menurut Enda sapaan akrabnya mengatakan, dirinya mengaku membangun usaha ekonomi wisata “Pemandian Kolam Dewa” karena ia terinspirasi dengan lagu “Desa” yang dipopulerkan  oleh Iwan Fals telah. Selain ngefans dengan Iwan Fals di dalam lagu tersebut, kata dia, di desa banyak sekali  tersimpan potensi serta sumber alam yang dapat dikembangkan untuk membangun dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa,
” Beruntung, adanya program dana desa dari pemerintah pusat,  setahap demi setahap sekarang desa mengalami perubahan dan penigkatan di bidang usaha kecil dan menengah ,”kata Enda kepada lingkarkonsumen.com disela-sela peresmian Bumdes” Bhakti Banda Yuda”, Minggu, (21/1).
Lebih lanjut ia menambahkan, selain membangun dan mengembangkan obyek wisata “Pemandian Kolam Dewa”, Bumdes Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, Krawang juga menyalurkan usaha kredit simpan pinjam kepada masyarakat, khsusunya kepada pelaku usaha kecil dan menengah.“
Diharapakan dengan adanya usaha simpan pinjam yang disalurkan kepada masyarakat melalui Bumdes, perekonomian di desa bisa berkembang dan lebih maju,”tukasnya.

By : Endang Syarifudin