Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

YLKI : Izin BBM Kualitas Rendah Langkah Mundur

YLKI : Izin BBM Kualitas Rendah Langkah Mundur

Tulus Abadi Ketua Pengurus Harian YLKI (Dok) 
Jakarta l lingkarkonsumen.com - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai peresmian stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) swasta yang diizinkan menjual bahan bakar minyak (BBM) bermutu rendah dengan kadar oktan 88 merupakan langkah mundur yang dilakukan pemerintah.

"Oktan 88 sama dengan Premium yang dijual Pertamina yang saat ini sedang dikurangi konsumsi dan distribusinya. Oktan 88 adalah oktan terendah dan tidak memenuhi standar Euro2," kata Tulus melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis.

Padahal, kata Tulus, standar dunia saat ini adalah Euro4. SPBU di negeri jiran Malaysia bahkan saat ini sudah menjual BBM dengan kadar oktan paling rendah 95.

"Mengapa pemerintah Indonesia malah mendukung SPBU baru menjual BBM dengan oktan 88? Itu tidak konsisten dan langkah mundur. Di saat negara lain berjibaku untuk lolos standar Euro3 dan Euro4, Indonesia masih belum lolos Euro2 karena masih melanggengkan BBM beroktan 88," tuturnya.

Menurut Tulus, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi memang membolehkan pihak swasta ikut bersaing di sektor minyak dan gas, baik di sisi hulu dan hilir.

Kehadiran SPBU swasta di luar PT Pertamina merupakan keniscayaan atas Undang-Undang Migas tersebut dengan kehadiran sejumlah SPBU swasta asing di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

"Benar bila semakin banyak SPBU akan memudahkan akses konsumen untuk membeli BBM dengan harga dan kualitas yang kompetitif. Namun, kehadiran SPBU yang menjual BBM berkualitas rendah memunculkan anomali terhadap kebijakan pemerintah sendiri," katanya.(ant/*)

By : Victor

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.