Ad 728x90

Breaking News

Awas..... Bantuan Pertanian Jangan Disalahgunakan, Para Poktan Di Purwakarta Harus Mandiri

Tampak Aban Subandi ketua Kelompok Tani (Poktan) Tungga Jaya sedang menerima bantuan satu unit traktor dari pemerintah ... 
Purwakarta l lingkarkonsumen.com -Terkait banyaknya bantuan sarana pertanian baik fisik maupun alat pertanian yang bersumber dari propinsi dan pusat, Pihak Dinas Pertanian dan Pangan Purwakarta meminta agar seluruh bantuan dapat di pakai dengan sebenarnya. 

H. Agus Suherlan Kadistan Purwakarta meminta kepada para kelompok tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Purwakarta agar bisa memanfaatkan segala bantuan tersebut jangan sampai disalahgunakan. 

"Poktan dan Gapoktan harus bisa memanfaatkan segala bantuan untuk kepentingan bersama dalam meningkatkan pertanian di Purwakarta jangan sampai bantuan yang diberikan  disalahgunkan "tegas H. Agus Suherlan,  pada lingkarkonsumen.com

Meski banyak bantuan yang mengalir di tahun 2017 ini, Pihak Dinas Pertanian mengharapkan adanya budaya kemadirian para petani jangan hanya mengandalkan bantuan pemerintah semata, sehingga ke depan para petani bisa meningkatkan hasil pertanian yang lebih maksimal.

"para Poktan dan Gapoktan jangan terpaku pada bantuan pemerintah semata namun harus mandiri dalam berkarya guna meningkatkan hasil pertanian di Purwakarta. "pinta Kadis.

Sementara itu mengawali musim tanam ditahun 2017 Wajah Aban Sobandi (50) terlihat sumringah dari raut wajahnya pasalnya belum lama ini pihak Dinas Pertanian dan Pangan Purwakarta mengantarkan bantuan pertanian yakni satu unit Traktor merk mesin Yanmar dan satu unit Alat perontok padi (Combine) yang di antarkan ke rumahnya langsung di Kampung Cikuda, Desa Karyamekar, Purwakarta Jawa Barat.

Aban Subandi selaku penerima bantuan mengaku senang dan terbantu atas sarana alat pertanian yang telah diberikan kepada pihak Kelompok Tani (Poktan) Tunggal Jaya dari bantuan Pemerintah Pusat melaui Dinas Pertanian Purwakarta.

"terus terang saya senang dan terbantu adannya sarana alat pertanian ini semoga bermanfaat bagi kemajuan petani kami",Ujar Aban.

Lebih lanjut Aban menjelaskan bahwa bantuan traktor dan mesin perontok padi ini akan membantu para petani yang tergabung dalam Poktan Tunggal Jaya yang beranggotakan 30 orang yang akan mengelola luas lahan pertanian total 25 hektar.

"pada musim penghujan ini kami sudah siap memgelola lahan pertanian yang mayoritas lahan tadah hujan"papar ketua poktan Tunggal Jaya ini.

Sedangkan aspirasi lain yang akan diajukan tahun 2018 mendatang pihaknya mengajukan sarana prasarana fisik saluran air (draimase) pertanian dan mesin pompa air yang di butuhkan ketika musim kemarau pada pemerintah daerah Purwakarta.

"semoga pengajuan lainya bisa direlisasilan pemerintah baik daerah maupun pusat demi kemajuan dan kesejahtraan petani sehingga hasil pertanian meningkat"harap Aban.

Terkait adanya bantuan sarana pertanian ini pihak Pemerintah Desa Karyamekar, Kecamatan Cibatu, Purwakarta Jawa. Barat memberikan apresiasi kepada pihak Pemda Purwakarta,  dalam hal ini Dinas Pertanian dan Pangan yang sudah memfasilitasi bantuan yang bersumber dari Pusat dan Propinsi Jawa Barat kepada Kelompok Tani Tunggal Jaya Desa Karyamekar.

"kami pihak Pemdes Karyamekar sangat berterima kasih pada Dinas Pertanian yang sudah membantu petani di desa kami semoga bisa bermanfaat dan barokah. "pungkas Nardi Kades Karyamekar.

By : Fuljo