Ad 728x90

Breaking News

Pabrik Pindo Deli Jadi Contoh Pengelolaan Air Limbah Berkelanjutan

Direktorat Pengendalian Pencemaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK) Air dan Water Environmental Partnership in Asia (WEPA) berkunjung ke pabrik unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Pindo Deli Pulp & Paper Mills II Karawang.
Jakarta I lingkarkonsumen.com - Direktorat Pengendalian Pencemaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK) Air dan Water Environmental Partnership in Asia (WEPA) berkunjung ke pabrik unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Pindo Deli Pulp & Paper Mills II Karawang, untuk melihat instalasi pengelolaan air limbah. Pabrik ini menjadi salah satu contoh praktik terbaik yang berhasil mencapai persyaratan kapasitas pengelolaan air limbah perusahaan yang memadai.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan 13th Annual Meeting of Water Environment Partnership in Asia, 26-28 September 2017. “Kami menyambut baik kunjungan ini. Hal ini memperlihatkan upaya kami yang berkelanjutan dalam menjaga lingkungan sekitar kawasan industri,” tutur Kepala Pabrik Pindo Deli Karawang Hendri Gunawan dalam keterangan resmi, Kamis (28/9).

Acara hari pertama pertemuan tahunan WEPA adalah workshop internasional tentang pengolahan limbah industri. Hari kedua merupakan pertemuan tahunan ke-13 WEPA dan dihadiri para perwakilan dari berbagai negara Asia yang terdiri dari unsur pemerintahan, pelaku industri, serta akademisi. Adapun puncak acara tahunan WEPA pada hari ketiga, yakni kunjungan ke pabrik Pindo Deli II.

“Pindo Deli II akan terus meningkatkan kinerja dalam efisiensi pengunaaan air, termasuk recycle pengunaaan air dan dalam mengelola air limbah sehingga kualitas hasil olahan waste water treatment (WWT) tetap memenuhi persyaratan baku mutu yang telah ditetapkan pemerintah,” ujar Hendri.

Ditemui di sela kunjungan waste water treatment (WWT) Pindo Deli II, Kasubdit Inventarisasi dan Alokasi Beban Pencemaran Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Budi Kurniawan menekankan pentingnya pertemuan tahunan WEPA ini sebagai ajang saling berbagi pengetahuan antar delegasi, baik dari segi kebijakan, regulasi, teknis, pemantauan, maupun inspeksi. Budi juga memaparkan alasan mengapa pihaknya memilih Pindo Deli sebagai tujuan site visit.

"Kami ingin menampilkan bahwa Indonesia juga memiliki industri yang manajemen limbahnya baik. Untuk itu kami memilih Pindo Deli (sebagai tujuan site visit),” kata Budi.

By : E Djunaedy 






Sumber : BeritaSatu.com