Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Bantuan Indonesia Tiba di Bangladesh

Bantuan Indonesia Tiba di Bangladesh


Chittagong, Bangladesh l lingkarkonsumen.com - Dua unit pesawat C130 Hercules TNI AU yang mengangkut bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya direncanakan tiba pada Jumat (14/9) sebagai sorti kedua dan ketiga pengiriman bantuan ke Bangladesh.

"Menurut info Bu Dubes RI untuk Bangladesh, rencananya besok dengan waktu yang sama," kata Komandan Satgas Civic Mission TNI AU Marsma Nanang Santoso ditemui di Bandara Hazrat Shah Amanat, Chittagong pada Kamis petang.

TNI AU akan terus menjalankan misi pengiriman bantuan kemanusiaan hingga operasi bantuan tuntas.

Hal itu dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kedutaan Besar RI di Dhakka dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kita akan laksanakan ini sampai tuntas sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia," tegas Nanang.

Sebanyak dua Hercules TNI AU yang terus bersiap menunggu izin lintas penerbangan di Lanud Sultan Iskandar Muda bernomor registrasi A1319 dan A1335.

Masing-masing mengangkut bahan pangan beras serta family kit dan perlengkapan logistik darurat.

Sementara itu, dua sorti penerbangan C130 Hercules TNI AU yaitu A1316 dan A 1326 yang mengirim bantuan kemanusiaan telah mendarat di Bandara Hazrat Shah Amanat, Chittagong berurutan pada pukul 17.00 dan 19.00 waktu Bangladesh.

Penerbangan sorti pertama mengirim tenda dan selimut kemudian sorti kedua membawa beras dan gula pasir. 

"Ini merupakan tahap pertama untuk pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan rakyat Indonesia, masih ada tahap-tahap berikutnya," kata Nanang.

Bantuan telah diserahkan oleh Dubes RI untuk Bangladesh Rina Soemarno dan diterima oleh District Comissioner Chittagong atau pejabat setingkat gubernur, Md Zillur Rahman Chowdhury selaku perwakilan pemerintah Bangladesh.

Bantuan tersebut akan disalurkan oleh pemerintah Bangladesh kepada organisasi kemanusiaan yang mengkoordinasikan penyaluran bantuan bagi pengungsi Rohingya. (ant/*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.