Ad 728x90

Breaking News

Didi Sumardi : Satu Desa Purwakarta Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Purwakarta l lingkarkonsumen.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menetapkan salah satu desa di wilayah Kecamatan Plered sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan setempat Didi Sumardi, di Purwakarta, Rabu, mengatakan, desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan itu ialah Desa Rawasari, Kecamatan Plered, Purwakarta. 

"Di Desa Rawasari ini seluruh aparat desa, baik kepala desa, RT, RW, Linmas, dan pengurus dewan kemakmuran masjid di desa ini sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," katanya, disela peresmian desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Peresmian tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Purwakarta Padil Karsoma, unsur Muspika Kecamatan Plered, perangkat desa hingga masyarakat setempat. 

Ia mengatakan, Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial. Khususnya program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di lingkungan masyarakat dan pemerintahan. 

Program ini juga sebagai komitmen terhadap Misi BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas serta daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional. 

Penetapan Desa Rawasari ini diharapkan dapat mengajak seluruh masyarakat untuk semakin sadar akan pentingnya manfaat dan resiko sosial yang ada. 

Ia mengatakan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, perangkat desa dan DKM Desa Rawasari mendapatkan jaminan kecelakaan, jaminan hari tua serta jaminan sosial. 

Kepala Desa Rawasari, Noeratif mengungkapkan, seluruh perangkat Desa Rawasari sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari tahun lalu. Pada tahun ini pihaknya bersyukur seluruh DKM di Desa Rawasari juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Iuran per bulan seluruh perangkat Desa dan DKM akan dibayar melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) Desa Rawasari," katanya.(ant) 
(victor edison)