Ad 728x90

Breaking News

Menuju Swasembada Pangan Tim Sergap TNI AD Bantu Petani

Karawang l lingkarkonsumen.com - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kehidupan para petani dan menuju swasembada pangan Tim Sergap (Serapan Gabah Petani) Mabes TNI Angkatan Darat, Jum’at (27(7/) meninjau langsung acara panen raya di areal pesawahan Jalan Baru, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, wilayah Kodim 0604 Karawang.

Ketua Tim Sergap Mabes TNI AD, Brigadir Jenderal Dudung Abdul Rohman mengatakan, kehadiran TNI bukan untuk menekan petani, melainkan hadir untuk membantu petani dari para tengkulak nakal yang sering menurunkan harga padi sesuka hatinya.

Dimana program Swasembada Pangan itu sendiri adalah untuk menyiapkan negara dalam menghadapi krisis pangan dunia. Sementara untuk teknis penanamannya adalah petani itu sendiri yang berkoordinasi dengan pihak PPL “kata Brigjen Dudung Abdul Rohman kepada sejumlah wartawan.

Dikatakan Dudung, saat panen raya, banyak tengkulak nakal yang meraup keuntungan besar, namun disisi lain para petani malah menjerit karena harga gabah turun secara drastis dipermainkan para tengkulak nakal.

“Banyak tengkulak nakal yang memanfaatkan sisi lain kehidupan para petani, sehingga banyak para petani yang terjerat sistem ijon yang diperankan oleh para tengkulak, “jelas Dudung.

Beberapa strategi yang dimainkan tim Sergap dalam rangka membantu para petani adalah dengan cara memaksimalkan penyerapan gabah dari petani dengan Harga Pokok Pemerintah (HPP).

“Penyerapan gabah secara maksimal dari petani dengan Harga Pokok Pemerintah juga akan meningkatkan jumlah cadangan beras nasional, dengan meningkatkan cadangan beras nasional, maka harga beras di tanah air akan menjadi stabil, “tambahnya.

Dudung meyakinkan, pihaknya akan melibatkan seluruh anggota TNI khususnya diwilayah  Kodim 0604 Karawang untuk membantu para petani bukan malah menekannya.

“Kami akan libatkan semua angota TNI di wilayah Kodim 0604 Karawang untuk membantu para petani dari gangguan para tengkulak nakal, dan kami intruksikan agar anggota kami tidak menekan para petani, “tegasnya.

Sementara, dalam rangka penyerapan gabah secara maksimal dari para petani, Bulog Sub Drive Karawang menargetkan akan membeli 1800 ton gabah dari para petani Karawang.

“Saat  ini kami baru memiliki stok 1000 ton gabah yang dibeli dari petani. Namun kami  tetap optimis dapat mencapai target yang dibutuhkan, ”tutur Kabulog Karawang, Muhammad Saukani.

Selain dihadiri ketua tim Sergap dari Mabes TNI AD, Brigjen Dudung Abdul Rohman, acara panen raya juga dihadiri Komandan Kodim 0604 Karawang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Kabulog Sub Drive Karawang, Camat Karawang Barat, mitra Bulog dan sejumlah petani Karawang Barat. (vic)