Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Harga Garam Melambung, Industri Ikan Asin Karawang Ngeluh

Harga Garam Melambung, Industri Ikan Asin Karawang Ngeluh

Karawang l lingkarkonsumen.com -Melambungnya harga garam capai 10 kali lipat sangat dirasakan dampaknya oleh pelaku usaha kecil Industri Akan Asin di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Kelompok usaha industri kecil ikan asin dan bandeng di Karawang banyak mengeluhkan harga garam yang sangat tinggi," kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Dinas Perikanan setempat Abuh Bukhori, di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, para pelaku usaha industri kecil ikan asin dan bandeng di Karawang saat ini harus membeli garam seharga Rp4.000 per kilogram. Biasanya mereka membeli Rp300 hingga Rp500 per kilogram.

Tingginya harga garam itu tidak sebanding dengan harga jual ikan asin atau ikan bandeng, sehingga mereka mengeluhkan kondisi tersebut.

Menurut dia, sejak beberapa hari terakhir ini, terjadi kelangkaan garam akibat faktor cuaca buruk yang membuat pasokan garam berkurang.

"Setiap hari pelaku industri ikan asin dan bandeng di Karawang membutuhkan sekitar 10 ton sehari untuk diproduksi," kata dia.

Abuh mengatakan, meski kenaikan harga garam dikeluhkan pelaku usaha industri ikan asin dan bandeng, tetapi kondisi itu juga menguntungkan petani garam.

Saat ini, para petani garam di Karawang mulai melakukan proses produksi garam. Mereka merasa terpacu memproduksi garam karena harganya cukup tinggi.(ant/*)






Victor

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.