Berita Terbaru
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelombang Pasang Setinggi 4 meter Porak Porandakan Puluhan Rumah Warga Cemarajaya Karawang

Gelombang Pasang Setinggi 4 meter Porak Porandakan Puluhan Rumah Warga Cemarajaya Karawang

Karawang l lingkarkonsumen.com – Gelombang pasang setinggi 4 meter merobohkan puluhan rumah milik warga Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat.

“Peristiwa itu terjadi dua hari yang lalu, tepatnya pada Sabtu sore (1/7/17), puluhan rumah yang persis berada di bibir pantai roboh tak tersisa, karena puingnya pun terbawa ombak, termasuk rumah milik saya, “tutur Karta, warga Desa Cemarajaya saat ditemui Senin pagi (3/7/17).

Dikatakan Karta, selain merobohkan puluhan rumah yang berada di bibir pantai, gelombang pasang juga menerjang puluhan rumah lainnya hingga mengakibatkan kerusakan parah. “Rumah yang ber radius sekitar 100 meter dari bibir pantai pun rusak parah, “katanya.

Selain merobohkan dan merusak puluhan rumah, gelombang pasang di pantai Cemarajaya juga mengakibatkan harta benda serta perabot rumah tangga milik warga hilang akibat terbawa ombak. Hingga kini, sebagian warga terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat mereka. “Rumah saya mengalami rusak parah akibat terjangan gelombang pasang.

Gelombang disini biasanya mulai tinggi dan menerjang pemukiman warga pada sore hari sebelum matahari terbenam, “kata Suryana.
Saat ditemui. Suryana tengah sibuk mengumpulkan pasir laut dan memasukkannya ke dalam karung yang kemudian ia gunakan untuk membendung terjangan ombak laut agar tidak langsung mengenai rumahnya.

Sementara, Meski pada tahun lalu Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana sempat meninjau lokasi yang rawan diterjang gelombang, bahkan telah melakukan pembentengan dengan tumpukan bebatuan, namun hasil pantauan  di lokasi, tumpukan bebatuan tersebut sebagian telah runtuh dan berantakan akibat tidak kuat menahan hempasan ombak yang datang setiap waktu.

Seringnya gelombang pasang menerjang wilayah pemukiman mereka, membuat masyarakat Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya mengeluhkan belum adanya upaya serius dari Pemerintah Daerah setempat.

“Hingga saat ini belum ada upaya serius yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk menyelamatkan wilayah kami, “ucap Suryana.

Kendati demikian, warga Desa Cemarajaya masih tetap bersyukur, karena hantaman gelombang pasang yang telah menghilangkan puluhan rumah mereka tidak sampai menimbulkan korban jiwa. (victor)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.