Ad 728x90

Breaking News

Disdikpora Karawang Gelar Olah Raga Tradisional

Karawang l lingkarkonsumen.com - Potensi budaya olahraga tradisional tatar Sunda berada sejak lama, untuk itu budaya olahraga tradisional perlu dieksiskan kembali sebagai ajang hiburan masyarakat, sebelum tergeser oleh permainan modern. 

Dari itu Dinas Pedidikan dan Olah Raga Disdikpora Pemkab Karawang menggelar Invitasi Olahraga Tradisional tingkat Kabupaten Karawang tahun anggaran 2017.

Kegiatan digelar di halaman depan Stadion Singaperbangsa Karawang, secara resmi pembukaan kegiatan dibuka oleh kepala Dikdikpora Pemkab Karawang Dadan Sugardan Rabu (19/7/17)

Menurut Dadan Sugardan Sebagaimana kita ketahui bersama, kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya dalam rangka memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat, melainkan ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga  tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa yang kita cintai di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Karawang.

Terdapat banyak sekali ragam dan jenis permainan olah raga  tradisional warisan leluhur budaya sunda yang sudah dilupakan masyarakat karena derasnya arus globalisasi.

Dimana permainan tersebut sarat dengan ajaran ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan keterampilan serta mengajarkan kita akan pentingnya kerjasama untuk meraih dan mewujudkan sesuatu.

Selanjutnya Dadan berkata dengan digelarnya Invitasi Olahraga  ini adalah komitmen dari Disdikpora Karawang untuk terus melestarikan olahraga  tradisional, kepada anak anak yang hadir pada saat ini juga diharapkan dapat menyenangi olahraga  tradisional ini, karena ini merupakan kewajiban kita semua untuk melestarikan budaya.

Lebih lanjut Dadan berpesan, Prestasi anak anak yang didapat ditingkat Kabupaten ini  perlu ditingkatkan hingga ketingkat Propinsi maupun Nasional.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini Saya berharap kepada anak anakku sekalian yang akan bertanding, untuk dapat menunjukan kemampuan yang terbaik dan berprestasi maksimal dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan semangat persaudaraan.

Gelaran Invitasi Olahraga digelar untuk mencari bibit yang berprestasi untuk dinaikkan ke jenjang lebih atas yakni tingkat Provinsi maupun  Nasional.

Ada 4 macam jenis yang diperlombakan dalam Invitasi Olahraga yaitu Hadang istilah dahulu disebut Galah,   Gadongan, Engrang yang menggunakan alat berupa bambu,  Taropah Panjang, serta 1 (satu) nomor seleksi bentuk Sumpit.  

Jumlah peserta sebanyak 600 Atelit dari 30 UPTD Pendidikan Kecamatan se Kabupaten Karawang.(victor)