Ad 728x90

Breaking News

Calon Kades Terlibat Perampokan di SPBU Daan Mogot

Jakarta l lingkarkonsumen.com - Penyidik gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Barat, telah menangkap empat kawanan pelaku perampokan yang menewaskan Davidson Tantono (31). Korban tewas setelah mengalami perampokan di SPBU Jalan Daan Mogot KM 12, Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Salah satunya berinisial DKT merupakan calon kepala desa (kades) di wilayah Lampung.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penyidik sudah menangkap empat pelaku berinisial TP, M, DKT, dan IR di sejumlah tempat berbeda di Bogor dan Lampung.

"DTK ini adalah calon kades di Lampung. Sedang kampanye di sana untuk melakukan pemilihan kades. Selain kampanye dia juga terlibat perampokan ini," ujar Argo, di Jakarta, Sabtu (17/6).

Dikatakannya, para pelaku berbagi peran dalam beraksi. TP berperan menggembosi ban, M sebagai penghambat, DTK yang masuk ke dalam bank mengawasi dan memilih calon korban, bersama dengan tersangka IR yang tewas ditembak polisi karena melakukan perlawanan saat pengembangan mencari tersangka lainnya di wilayah Bogor.

Ia menambahkan, polisi juga menemukan senjata api rakitan di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Timur. "Namun, senjata yang dipakai eksekutor masih kita cari. Semoga kita tangkap yang lain, ada lebih dari 10 orang (kawanan pelaku-Red). Mereka dari mata-mata, eksekutor, membuntuti korban, melindungi. Kita pelan-pelan ungkap," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, kawanan pelaku sudah beraksi kurang lebih di 23 tempat kejadian perkara (TKP) dalam kurun waktu April 2017 sampai Juni 2017. Diantaranya, Tangerang (kerugian korban 60 juta); Caringin (60 juta); Cirebon (10 juta), Rawa Buaya, Jakarta Barat (40 juta); Pesing, Jakarta Barat (80 juta); Bekasi, Jawa Barat (800 juta); Pemda Bogor (60 juta); Kampung Melayu (60 juta); Cidahu (31 juta); Cirebon (60 juta); Kalijodo, Jakarta Barat (80 juta); Cengkareng (20 juta); Taman Topi, Bogor (40 juta); Ciawi (60 juta); Ciluwer (30 juta); Kampung Melayu (50 juta); Pasar Minggu (70 juta); Kalibata (30 juta); Tangerang (20 juta), Kedung Halang (100 juta); Kalimalang (50 juta), Cikarang (150 juta), dan Indovision, Jakarta Barat (100 juta).

"April sampai Juni ini mereka beraksi di 23 tempat. Kelompok ini biasanya tidak bunuh korban, minimal melukai. Tapi karena kemarin bunuh jadi mereka menyebar," katanya.

Diketahui, perampok menembak korban atas nama Davidson Tantono hingga tewas, dan menggasak tasnya berisi uang sekitar Rp 300 juta, di SPBU 34-11712 Jalan Daan Mogot KM 12, Cengkareng Timur, Jakarta Barat, sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat (12/6) lalu.

Kronologi kejadian bermula ketika korban yang mengendarai Kijang Innova B 1136 GHY, baru saja menarik uang dari sebuah bank yang tak jauh dari lokasi. Kemudian, korban masuk ke dalam SPBU bermaksud mengganti ban mobilnya yang gembos.
Tiba-tiba pelaku datang menggunakan sepeda motor dan langsung mengambil tas korban berisi uang sekitar Rp 300 juta di dalam mobil.
Aksi pelaku kepergok korban yang kemudian melakukan perlawanan. Sejurus kemudian, terjadi tarik menarik tas antara korban dengan pelaku. Selanjutnya, pelaku menembak korban hingga meninggal dunia di lokasi.



Sumber : BeritaSatu.com