Ad 728x90

Breaking News

900 Personel Polisi Amankan Kedatangan Obama

Jakarta l lingkarkonsumen.com - Polda Metro Jaya menyiapkan sekitar 900 personel pengamanan terkait kedatangan mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang akan berkunjung ke Jakarta. Obama akan datang ke Jakarta, Jumat (30/6) hingga Minggu (2/7) mendatang. Polisi membantu TNI dalam pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

"Ada 900-an lebih (932 personel). Tapi kalau ada eskalasi dan antusiasme masyarakat cukup tinggi, nanti jumlah itu akan kita tingkatkan ya," ujar Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (29/6).

Dikatakannya, Polda Metro Jaya telah melakukan langkah-langkah pengecekan ke beberapa wilayah yang akan dikunjungi Obama. Termasuk jalur lalu lintas, hotel yang digunakan, kemudian menuju Istana Bogor, dan kembali lagi ke Jakarta.

"Karena ini Operasi Waskita, kita akan memback up teman-teman TNI di ring 2 dan ring 3. Kita menjaga, anggota sedemikian rupa ditempatkan agar dalam kegiatannya berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan," ungkapnya.

Ia menyampaikan, ring 1 merupakan pengamanan melekat yang dilaksanakan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) atau TNI.
"Anggota polisi nanti di ring 3, yaitu di jalan raya dan sekitarnya. Itu tanggung jawab polisi. Kalau di dalam itu ada Operasi Waskita, ada pengamanaan melekat dari Paspampres," katanya.

Ia menuturkan, begitu sampai bandara, menuju hotel, rencananya Obama akan ke Istana Bogor. "Habis itu, balik ke hotel, mungkin ketemu pejabat-pejabat Kedubes AS. Setelah itu beliau berangkat ke agenda utama bertemu di Kongres Diaspora di Kokas (Mal Kota Kasablanka)," tandasnya.






Sumber : BeritaSatu.com