Ad 728x90

Breaking News

Kemah Junarlistik Strategi Pramuka Lawan Hoax

Bogor l lingkarkonsumen.com  - Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Jawa Barat, mengambil peran melawan berita hoax dengan menggelar Kemah Jurnalistik guna meningkatkan kemampuan anggota Penegak dan Pendega dalam membaca dan menulis berita.

"Kemah Jurnalistik ini pertama kalinya dilaksanakan Pramuka di wilayah Jawaa Barat, semoga ini menjadi inspirasi bagi daerah lainnya," kata Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, di Bogor, Sabtu. 

Kemah Jurnalistik akan dilaksanakan pada 12 sampai 14 Mei 2017, diikuti sekitar 180 orang peserta terdiri dari anggota Penegak dan Pendeka Pramuka dari berbagai wilayah yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kota Depok dan Kabupaten Cianjur. 

Ketua Satgiat Jurnalistik Kwarcab Kota Bogor, Sadam Zaenuddin menjelaskan, tujuan dari kemah jurnalistik adalah memberkan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka dalam keterampilan serta pengembangan jurnalistik.

"Saat ini berita hoax menyebarluas di masyarakat, Pramuka Asean menyatakan sertiap Pramuka ada kantor berita, agar berita yang disiarkan tersebut tidak menjadi hoax perlu peningkatan kemampuan jurnalistik pramuka," kata Sadam. 

Kemah Jurnalistik dirancang sedemikian rumah, peserta selain mengisi kegiatan kepramukaan dengan berkemah, juga mendapatkan materi dari para jurnalis berbakat di Kota Bogor.

Selain itu, ada sesi jumpa tokoh menghadirkan tokoh dari kalangan pramuka dan jurnalis dalam rangka memotivasi dan mengisi wawasan para peserta Kemah Jurnalistik. 
U
"Akan ada sesi kunjungan ke redaksi media baik cetak, maupun broadcasting," kata Sadam. 

Untuk mengasah kemampuan jurnalistik para peserta juga akan dilaksanakan lomba karya tulis dan fotografi yang diikuti perwakilan setiap Kwarcab Pramuka. 

"Sesuai dengan tema Kemah Jurnalistik ini Jurnalis pramuka membantuk karakter membaca dan menulis" peserta dapat pengalaman penguatan anggota pramuka dalam jurnalistik," kata Sadam.

Pramuka Kota Bogor memiliki visi menjadi Kwarcab terbaik se Jawa Barat menggantikan Kwarcab Cianjur yang memiliki predikat terbaik, melalui berbagai program salah satunya membentuk Satgiat Jurnalistik Pramuka yang salah satu program utamanya Kemah Jurnalistik.(ant/**)