Ad 728x90

Breaking News

Komisi IV DPRD: Program Karawang Cerdas Jangan Seperti Menabur Garam Dilautan

Karawang l lingkarkonsumen.com - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang,  

Asep Syaripudin berharap program beasiswa Pemerintah Karawang Cerdas, jangan seperti menabur garam di tengah lautan.


Politisi Partai Golkar ini menegaskan, dari anggaran Karawang Cerdas (Kacer) ini harus ada evaluasi dari pemerintah daerah dalam penggunaannya.


"Misalnya, para penerima Kacer dari salah satu perguruan tinggi harus ada perjanjian kerja sama antara Pemerintah Dearah (Pemda) dengan kampus tersebut. Dimana kampus harus bisa memastikan uang beasiswa yang diterima mahasiswanya tersebut digunakan untuk kepentingan pembelajaran di kampus, meski uang itu masuk ke rekening penerima langsung," terangnya di ruang Komisi III DPRD Kabupaten Karawang.


"Harus ada sinergitas antara kampus dengan Pemda, karena jangan sampai beasiswa ini disalahgunakan untuk kepentingan pribadi, dan tidak digunakan untuk biaya sekolah," imbuh Asep lagi.


Asep Ibe, sapaan akrabnya, menuturkan, Program Karawang Cerdas jangan seperti menabur garam di tengah laut. Artinya, harus ada manfaat atau feedback untuk Pemda sebagai pemberi beasiswa tersebut.


Kembali ia mencontohkan, misalnya sebuah perguruan tinggi di Karawang menerima kuota beasiswa sebanyak 200 orang mahasiswa.


Kemudian penerima beasiswa ini melakukan penelitian yang dibuat secara tim yang tersebar di setiap kecamatan untuk melakukan penelitian suatu kebijakan.


Sehingga Beasiswa Karawang Cerdas ini benar-benar ada manfaatnya juga untuk Pemerintah Kabupaten Karawang dari perguruan tinggi seperti program program beasiswa yang lainnya.


"Usulan kami seperti itu, sehingga harus ada rasa tanggung jawab dari para penerima beasiswa, kemudian komunikasi dan sinergitas antara Pemda dengan universitas terus terjalin," ulasnya.


la menambahkan, banyak masalah di tengah masyarakat yang memerlukan keterlibatan

Seperti melakukan penelitian di berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Karawang, seperti dari sektor pertanian, pariwisata, peternakan, perikanan dan lainnya.


"Agar dapat saling 

bermanfaat, dan saya yakin universitas juga akan senang. Dan feedback seperti ini juga termasuk untuk penerima beasiswa Program Karawang Cerdas dari SMA/SMK," pungkasnya.


By : Mahendra

Tidak ada komentar